Syoechrie Pria Idaman mu

Syoechrie Pria Idaman mu
WELCOME TO MY BLOGER. SALAM HANGAT DARI SUKRI ABDULLAH

Menu Khas Maluku Utara

Pembaca yang baik hati,
Kita ketahui bahwa disetiap daerah khususnya di Indonesia pasti memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Iya kan..? nah pada artikel kali ini, Syoechrie ingin berbagi dengan Pembaca sekalian tentang beberapa makanan khas dari Propinsi Maluku Utara yang Syoechrie rangkum dari beberapa sumber, termasuk makanankhasmalukuutara. Diantaranya :
PAPEDA

Makanan yang satu ini di Maluku disebut Pupeda sadangkan di Papua mereka sebut Papeda, yaitu sagu (sagu ini bisa berasal dari pohon rumbia atau juga dari ubi kayu) yang dimasak dengan air panas, bentuknya mirip seperti lem kanji.

Pupeda umumnya disantap dengan ikan kuah soru. Yang dimasak untuk kuah soru biasanya adalah ikan asar yang diasapi dengan api gonofu alias sabut kelapa (Orang Maluku bilang Fufu). Soru berarti asam. Kuahnya bening, dengan tone asam-pedas, serta aroma smokey dari ikan asar. Hmm, mengesankan.

Di belakang Pasar Gamalama, ada beberapa warung pupeda yang populer bagi warga Ternate. Di warung-warung itu, selain kuah soru, juga tersedia berbagai lauk-pauk yang terhidang di meja.

Begitu juga pupeda dan kasbi rebus (singkong/ubi rebus), ubi rebus, dan pisang rebus semuanya disediakan di meja.

Selain di Pasar Gamalama, saat ini sudah berada diberbagai rumah makan diberbagai kota/tempat, disekitar pelabuhan Bastiong pun ada. Para tamu bisa menikmati sepuasnya. Harganyapun sangat terjangkau.

seperti yang telah dijelaskan diatas, Popeda ini dimakan dengan kuah soru. Sedangkan karbohidrat yang lain disantap dengan sayur lilin (sayur yang di Jakarta dikenal sebagai telur terubuk), ikan bakar, fofoki kuah santan, sayur garo (tumis kangkung dan bunga pepaya), dan lain-lain. Hhhmmm kalau sudah membahas makanan yang satu ini, kebawanya pengen aja makan. Heheh

NASI JAHA
Nasi Jaha adalah makanan tradisional di Maluku Utara. Biasanya makanan khas Maluku Utara ini terbuat dari beras biasa dicampur dengar beras pulo (ketan) dengan santan kelapa (Boleh ditambahkan sedikit garam sesuai selera).

Bahan-bahan yang telah tercampur, dimasukkan kedalam bambu muda dengan berukuran 30-50 cm. Bahkan ada yang mencapai 1 meter, semuanya dilihat dari panjang bulu (bambu). Tapi sebelumnya Bambu (Bulu – Maluku) harus sudah diisi dengan daun pisang mudah gunanya agar nantinya beras atau nasi sudah matang tidak melekat didinding bulu atau bamboo tersebut.
Nah jika campuran beras dan santan dan lain-lain itu sudah dimasukkan kedalam bamboo, maka bamboo siap dibakar diatas nyala api dengan cara berdiri kira-kira 80 derajat (miring) tapi harus selalu dikontrol apinya agar tidak gosong.

Nasi Jaha ini kalau Syoechrie sih lebih suka makan dengan ditemani secangkir kopi, uuuhhh mantap…
 GOHU IKAN
Salah satu masakan khas Ternate adalah gohu ikan. Penyebutannya harus lengkap yaitu gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara.

Gohu ikan khas Ternate ini dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Ternyata, di daerah pesisir Sulawesi Utara misalnya di Bitung dapat pula dijumpai sajian seperti ini. Namun namanya hanya dibalik, yaitu ikan gohu. Barangkali kesegaran sajian inilah yang membuatnya menyandang nama gohu yang berarti rujak.

Umumnya, di Ternate, gohu ikan dibuat dari ikan tuna (yellowfin tuna = Thunnus albacares). Bila tuna sedang tidak musim, bisa juga digunakan dengan ikan cakalang (skipjack) sekalipun teksturnya tidak semulus tuna.

Daging tuna segar atau masih mentah dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah. Kemudian ditaburi kacang tanah yang sudah goreng yang ditumbuk kasar.
Siap terhidang dan dicicipi….. !

HALUA KENARI

Halua Kenari atau dalam bahasa Inggris 'Java Almond Fudge', merupakan cemilan manis yang sangat digemari banyak penikmat. Halua kenari terkenal dengan rasanya yang manis dengan cita rasanya yang unik.

Bahan utamanya hanya buah kenari dan gula yang di masak atau gula pasir dilelehkan diatas nyala api terus tuangkan kenari sambil diaduk hingga mengental dan dibentuk, jadi deh…..

Tentu saja cita rasanya unik dan nikmat karena selain manis juga perpaduan rasa dengan rasa khas kenari tersebut. Enak dimakan atau dicicipi bersama keluarga pada saat bersantai atau bisa sebagai oleh-oleh jika dalam bepergian.
Selamat berkuliner !
Semoga bermanfaat.

1 Response to "Menu Khas Maluku Utara"

  1. Awalnya aku hanya mencoba2 bertogel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasi sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang dukun.yang ternyata alhamdulillah dengan seisin gusti Allah dengan lantaran OM AGUS aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan OM AGUS dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,sawdara bisa membuktikan sendiri silahkan hubungi OM AGUS di no (085-397-766-615) yg penting anda yakin dan percaya dan jgn samakan dgn peramal yg lainnya seperti ki ronggeng,mba sugem ki nugroho mba jombrang dll.saya sdh berkali2 menghubungi peramal yg lainnya seperti aki2 dan mba2.tapi cuma mengecewakan saya dan menipu saya.tapi kali ini saya sudah betul2 percaya bahwa peramal asli itu memang betul memang ada yaitu OM AGUS.insya allah OM AGUS tdk mengecewakan anda.terima kasih yg punya ROOM

    ReplyDelete

Apa yg km tahu blm tentu aku tahu, dan sbaliknya apa yg aku tahu juga blm tentu km tahu (Syoechrie)

Senang jika anda berkunjung lagi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

SLAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA