Syoechrie Pria Idaman mu

Syoechrie Pria Idaman mu
WELCOME TO MY BLOGER. SALAM HANGAT DARI SUKRI ABDULLAH

Universitas Islam Makassar ( UIM )

Sejarah UI Makassar

            Sejarah lahirnya Universitas Islam Makassar (UIM), dimulai dari suatu perjalanan panjang sejak tahun 1966. Upaya pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh Nahdatul Ulama (NU) hingga lahirnya perguruan tinggi UIM, dimulai dengan pendirian Akademi Da"wah pada tahun 1966-1967, selanjutnya menjadi Universitas Nahdatul Ulama (UNNU) pada tahun 1967-1972 yang dibentuk sebagai wadah amal jariah bagi warga NU. Karena peraturan pemerintah tidak memperbolehkan pemberian nama perguruan tinggi nama dari suatu organisasi kemasyarakatan, maka pada tahun 1972-1977 perguruan tinggi UNNU berubah menjadi Universitas Al-Gazali (UNIZAL) yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali (kemudian dibentuk Yayasan 54). Selanjutnya pada tahun 1977-1984 tetap menggunakan UNIZAL yang diselenggarakan oleh Yayasan PT. Al-Gazali. pada tahun 1984-2000, Yayasan perguruan tinggi Al-Gazali menyelenggarakan dua sekolah tinggi, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah (STID/STAI) Al-Gazali dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali. Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat, maka sejak tahun 2000 yayasan perguruan tinggi Al-Gazali menyelenggarakan perguruan tingginya dengan nama Universitas Islam Makassar (UIM) yang ditetapkan berdasarkan surat keputusan MENDIKNAS No 71/D/0/2000 pada tanggal 6 Juni 2000 dengan membina 7 Fakultas dan 19 program studi.

VISI
Universitas Islam Makassar (UIM) menjadi Universitas terkemuka, berkualitas, berbudaya diminati dan Islami serta berorientasi pada kepentingan Bangsa.

MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memelihara integritas nasional
2. Menghasilkan lulusan yang beriman, berakhlak mulia, berkualitas, tangguh, berjiwa pemimpin, dan unggul berdasarkan jatidiri bangsa.
3. Mendorong kemajuan penelitian yang menopang pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi, dan pengayaan budaya bangsa.
4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan bersama.
5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
6. Mengembangkan organisasi Universitas sesuai dengan tuntutan zaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan akuntabel yang berkualitas secara berkelanjutan.
 Meningkatkan peran dinamis Ummat Islam melalui islamisasi ilmu pengetahuan sesuai dengan doktrin Islam Ahlusunnah Wal Jamaah.

TUJUAN
1.  Meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan ilmu.
2.    Meningkatkan penelitian dan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3.    Meningkatkan kemampuan SDM Perguruan Tinggi menghadapi era Globalisasi.
4.    Menciptkan suasana kerja yang kondusif,efisien, dan efektif yang produktif.
5.  Meningkatkan kesehatan organisasi dan manajemen Perguruan Tinggi pada era globalisasi.
6.  Mendorong partisipasi ummat dalam peningkatan dan penyebar luasan ilmu pengetahuan.

Renstra UIM
            Sejarah lahirnya Universitas Islam Makassar (UIM), dimulai dari suatu perjalanan yang panjang sejak tahun 1966. Hari ulang tahun Nahdatul Ulama ke 40, salah satu pencanangan kegiatannya adalah pendidikan dan pengembangan sosial kemasyarakat-an. Dari segi pendidikan, NU mencanangkan tentang pendirian sekolah, pasantren dan perguruan tinggi. Dari segi pengembangan sosial, NU mencanangkan pendirian panti asuhan dan layanan kesehatan (rumah bersalin dan poliklinik kesehatan).
            Upaya pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh Nahdatul Ulama (NU) hingga lahirnya perguruan tinggi UIM, dimulai dengan pendirian Akademi Da’wah pada tahun 1966-1967 yang selanjutnya menjadi Universitas Nahdatul Ulama (UNNU) pada tahun 1967-1972 yang dibentuk sebagai wadah amal jariah bagi warga NU. Karena pertaturan pemerintah tidak memperbolehkan nama suatu perguruan tinggi dikaitkan dengan nama suatu organisasi politik, maka pada tahun 1972-1977 perguruan tinggi UNNU berubah menjadi Universitas Al-Gazali (UNIZAL) yang awalnya diselenggarakan oleh Yayasan 54 kemudian menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Al-Gazali. Selanjutnya, pada tahun 1977-1984 tetap menggunakan UNIZAL yang diselenggarakan Yayasan PT Al-Gazali. Pada tahun 1984-2000, yayasan perguruan tinggi Al-Gazali menyelenggarakan dua sekolah tinggi, yakni Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Al-Gazali dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Al-Gazali di Makassar. Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat, maka pada tahun 2000-hingga sekarang Yayasan perguruan tinggi Al-Gazali menyelenggarakan perguruan tingginya dengan nama Universitas Islam Makassar (UIM). Sebagai salah satu perguruan tinggi, UIM berfungsi mengembangkan dan memposisikan diri sebagai menjadi salah satu bagian dari upaya pemerintah dalam mencerdaskan bangsa yang bermartabat dan berbudaya. Fungsi lain yang diemban oleh UIM adalah mempersiapkan sumberdaya manusia mampu memadukan antara IPTEKS dan IMTAQ,
            Dalam menapak tahun-tahun akan datang, perguruan tinggi dihadapkan pada peluang dan sekaligus tantangan global dengan lingkungan dan tatanan yang terus berubah dengan cepat. Di dalam masyarakat masa depan, ilmu pengetahuan diyakini akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan merupakan peluang dan tantangan yang memerlukan tanggapan cepat dan strategis. Universitas Islam Makassar (UIM) bertekad memainkan peran sebagai kekuatan intelektual bagi lahirnya masyarakat baru yang berbasis pengetahuan (knowledge society).
            Pada saat ini bangsa Indonesia sedang melaksanakan reformasi menghadapi berbagai krisis dan perubahan besar yang pada muaranya diharapkan akan melahirkan masyarakat madani (civil society). Perubahan-perubahan ini dicirikan dengan demokratisasi, penegakan HAM, supermasi hukum, otonomi dan kesadaran Bhineka Tunggal Ika dalam berbangsa dan bernegara. Dalam masyarakat Indonesia yang majemuk dan menghadapi perubahan-perubahan, UIM diharapkan tampil menjadi sumber inspirasi pembaharuan sekaligus kekuatan moral pemersatu bangsa. 
            Dalam menanggapi tingkat kemajemukan bangsa yang sangat beragam, UIM berkewajiban untuk memperluas dan memeratakan akses pada pendidikan tinggi dan pelayanan masyarakat yang menjadi bagian dari tanggung jawab sosialnya. Di samping itu, tuntutan dan harapan masyarakat pun semakin meningkat sehingga UIM berkewajiban untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas makin tinggi dan mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat dunia, berperan aktif dalam menggerakkan roda ekonomi dan pembangunan bangsa, serta menghasilkan karya yang mampu mendorong peningkatan keunggulan bangsa.
            Agar dapat memanfaatkan keunggulan strategis secara optimal, diperlukan jaminan tatanan sistem manajemen UIM menuju sistem  organisasi yang sehat dalam menentukan kebijakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakat. Tatanan baru dengan asas kemandirian akan merupakan perangkat yang memperlancar pelaksanaan peran-peran dan pemenuhan harapan-harapan. Kemandirian ini juga diperlukan untuk mewujudkan institusi UIM yang efektif, berwawasan kualitas, dan efisien dalam pengelolaannya serta sekaligus akuntabel pada masyarakat.

FASILITAS:

1. Lab. Bahasa
            Laboratorium Bahasa dibangun dengan tujuan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar dalam pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bahasa merupakan sebuah mata pelajaran yang bukan hanya diperlukan kemampuan teoritis saja tetapi diharuskan mampu dalam menerapkannya secara interaktif.
            Teknik pembelajaran yang dilaksanakan pada laboratorium ini merupakan jenis pembelajaran interaktif. Teknik ini memerlukan adanya keaktifan antara dosen dengan mahasiswa maupun keaktifan antar mahasiswa. Untuk itu laboratorium bahasa dimaksudkan untuk memfasilitasinya dengan menyediakan peralatan komunikasi untuk setiap mahasiswa dan dosennya.
            Adapun fasilitas yang tersedia pada laboratorium ini antara lain : Fasilitas multimedia yang terdiri atas 20 unit dengan seperangkat computer multimedia, televisi, DVD Player, Tape dan lain-lain. Fasilitas komunikasi yang terdiri dari modul untuk mahasiswa serta modul untuk dosen yang dilengkapi kemampuan untuk mengatur proses komunikasi semua mahasiswa. Peralatan pembelajaran seperti kaset-kaset, CD maupun DVD pembelajaran. Dan lain-lain.
            Hingga saat ini, laboratorium bahasa sudah dipergunakan secara regular untuk proses pembelajaran maupun untuk proses evaluasi mata pelajaran bahasa. Dalam penggunaannya, laboratorium ini dilengkapi dengan jadwal penggunaan sehingga tidak terjadi penumpukan jadwal. Jadwal tersebut diatur oleh pengelola laboratorium dengan bekerja sama dengan dosen pengampu mata kuliah bahasa di Universitas Islam Makassar.

2. Lab. komputer
            Dalam dasawarsa terakhir, bidang informasi dan telekomunikasi mengalami revolusi khususnya untuk perangkat audio visual, telepon selular, dan komputer.  Perkembangan tehnologi ini telah mengubah cara hidup masyarakat dan berpengaruh terhadap beberapa aspek kehidupan. Untuk itu mengembangkan manusia berkualitas yang siap menghadapi berbagai tantangan didalam kehidupan harus dimulai sedini mungkin, maka kebutuhan manusia dengan ketrampilan menguasai tehnologi mulai mendesak untuk dipenuhi.
            Universitas Islam Makassar adalah salah satu perguruan tinggi berciri khas Islami yang salah satu tujuannya adalah menyiapkan mahasiswa dan lulusannya memiliki skill dalam menguasai tehnologi. Kemudian dalam rangka membekali mahasiswa agar mampu menguasai tehnologi tersebut maka sarana dan prasarana penunjang tercapainya tujuan tersebut perlu diadakan.
            Dalam kaitan perbaikan di bidang sarana dan prasarana tersebut, Universitas Islam Makassar telah memiliki laboratorium komputer dengan 20 unit komputer multimedia yang ditunjang dengan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi di bidangnya. Dengan adanya laboratorium komputer, diharapkan dosen dapat berinteraksi dengan mahasiswa secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pengajaran. Disamping itu laboratorium komputer yang telah dilengkapi dengan free hot spot dan telah menggunakan sistem LAN (Local Area Network) tidak hanya meningkatkan kemampuan skill mahasiswa semata, akan tetapi juga diharapkan dapat menunjang peningkatan pengetahuan para mahasiswa dan dosen dengan mencari informasi seluas-luasnya dari internet.

3. Lab. Biofarmasi.
            Laboratorium Biofarmasi adalah salah laboratorium di Universitas Islam Makassar yang dalam penggunaannya banyak digunakan oleh mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) khususnya program studi Farmasi, dimana dalam pelaksanaan Prakrikum di laboratorium ini dilakukan terjadwal dan di bawah pengelolaan koordinator Laboratorium Biofarmasi dan ditangani langsung oleh Fakultas MIPA Universitas Islam Makassar.
            Laboratorium Biofarmasi sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung praktikum diantaranya contoh-contoh bahan dan unit komputer multimedia guna melakukan pengolahan data dan pembuatan laporan akhir sehingga memberikan kemudahan dalam proses penyelesaian setiap materi praktikum yang diberikan oleh dosen pengampu atau asisten yang bertugas.

4. Lab. Biofarmasetika
            Laboratorium Farmasetik adalah salah laboratorium di Universitas Islam Makassar yang dalam penggunaannya banyak digunakan oleh mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) khususnya program studi Farmasi, dimana dalam pelaksanaan Prakrikum di laboratorium ini dilakukan terjadwal dan di bawah pengelolaan koordinator Laboratorium Farmasetik dan ditangani langsung oleh Fakultas MIPA Universitas Islam Makassar.
            Laboratorium Farmasetik sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung praktikum diantaranya contoh-contoh bahan, modul dan unit komputer multimedia guna melakukan pengolahan data dan pembuatan laporan akhir sehingga memberikan kemudahan dalam proses penyelesaian setiap materi praktikum yang diberikan oleh dosen pengampu atau asisten yang bertugas.
            Mahasiswa juga secara langsung dapat langsung melakukan demo hasil uji coba praktikum dengan menggunakan fasilitas yang ada berupa bahan-bahan uji materi dan tata kelola hasil-hasil praktikum yang nantinya akan menjadi rujukan dalam pengelolaan analisis terhadap hasil yang diperoleh pada saat praktikum

5. Kebun belajar
            Kebun belajar terletak di areal kampus Universitas Islam Makassar tepat di belakang Gedung A. Kebun belajar ini banyak digunakan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi. Kedua program studi ini melakukan pelaksanaan praktikum di kebun belajar melalui penjadwalan secara bergiliran yang telah ditentukan oleh pengelola kebun belajar di bawah koordinasi Fakultas Pertanian.
            Kebun belajar dengan ukuran seluas 21 m2 cukup representatif digunakan sebagai media belajar bagi mahasiswa pertania. Dengan fasilitas kebun belajar ini akan membantu dalam pelaksanaan praktikum lapang dan implementasinya di lapangan. Berbagai tanaman uji dikelola di kebun belajar ini dengan tujuan agar mampu memberikan hasil terhadap pengembangan tanaman pangan dan holtikultura serta pengembangan varietas baru yang menunjang pengembangan tanaman pangan di masa depan.

6. Perpus
            Tahun 2010 Universitas Islam Makassar membangun sebuah gedung khusus untuk perpustakaan. Pembangunan gedung ini mengacu kepada Rencana Strategis Universitas Islam Makassar dimana salah satunya adalah integrasi di bidang sarana / fasilitas, sumber daya manusia, dan keuangan. Perpustakaan sebagai salah satu komponen fasilitas pembelajaran merupakan tempat di mana semua civitas akademika Universitas Islam Makassar dapat bertemu dan berinteraksi untuk mengembangkan ide-ide yang pada akhirnya akan menghasilkan kolaborasi penelitian dari berbagai subjek. Selain itu tujuan integrasi ini juga adalah untuk efisiensi di berbagai aspek, seperti pengadaan koleksi dan pengelolaan sumber daya manusia.
            Perpustakaan Universitas Islam Makassar adalah salah satu unit pendukung utama kegiatan akademik (pemelajaran, pengajaran dan penelitian). Perpustakaan UIM sebagai library center memiliki sekitar 2.000 koleksi yang disimpan di Perpustakaan UIM dan di beberapa perpustakaan fakultas. Sebagai unit pendukung pengajaran dan penelitian, Perpustakaan UIM terus berusaha mengembangkan diri dengan menambah koleksi-koleksi terbaru, melanggan berbagai online databases, mengembangkan sistem, serta memberikan layanan prima kepada pengguna.
            Prinsip utama Perpustakaan UIM adalah bahwa perpustakaan merupakan ruang publik yang paling terbuka dan demokratis bagi seluruh warga UIM, tempat menggali pengetahuan dan menambang ilmu yang akhirnya dipancarkan bagi kemanusiaan. Perpustakaan UIM adalah sarana pendukung utama untuk olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Dengan demikian Perpustakaan UIM lebih fokus pada pengelolaan aktifitas-aktifitas yang mendukung pengembangan kualitas manusia melalui pendidikan dan penelitian, serta penyediaan sarana dan fasilitas sebagai meeting point dan learning common bagi seluruh pengguna dari berbagai disiplin ilmu.

7. Masjid
            Masjid As-Shahabah merupakan masjid yang berada di dalam kampus Universitas Islam Makassar dengan ukuran luas kurang lebih 144 m2 yang cukup luas untuk menampung jamaah. Masjid As-Shahabah Universitas Islam Makassar selain digunakan oleh civitas akademika juga dapat di akses oleh masyarakat sekitar kampus dan masyarakat yang kebetulan lewat dan bermaksud melaksanakan sholat di masjid ini.
            Masjid As-Shahabah merupakan masjid yang dibangun selain untuk tujuan fasilitas ibadah tetapi juga digunakan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum'at pagi dan juga kegiatan non keagamaan.
            Masjid As-Shahabah Universitas Islam Makassar juga dilengkapi dengan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai seperti sound system, tempat berwudhu, serta perlengkapan sholat yang telah disiapkan di dalam mesjid.

8. Aula
            Aula Universitas Islam Makassar terletak di Gedung C Lantai 2 dengan kapasitas kurang lebih 500 orang banyak digunakan untuk agenda pertemuan, rapat universitas maupun yayasan, serta digunakan untuk kegiatan-kegiatan seminar dan lokakarya.
            Aula Universitas Islam Makassar di Gedung C merupakan Aula pusat universitas, sehingga hampir semua kegiatan dan agenda rutin dilakukan di tempat ini. Aula universitas di bawah pengelolaan bagian perlengkapan dan kerumahtanggaan Universitas Islam Makassar dengan fasilitas ruangan Full AC, Sound System, LCD Projector, dan fasilitas pendukung lainnya sehingga sangat nyaman dan representatif digunakan untuk berbagai kegiatan.
            Aula universitas ini sudah beberapa kali mengalami perbaikan seiring dengan perkembangan dan tuntutan modernisasi sehingga kelengkapan fasilitas di dalamnya juga menjadi perhatian utama.


FAKULTAS:

1.  FAKULTAS SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Profil Fakultas
            Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (SOSPOL) UIM berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas SOSPOL UIM membina 2 (dua) jurusan yaitu jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga. Seiring dengan perkembangan waktu dan tuntutan modernisasi akademik, maka jurusan Ilmu Administrasi Niaga pada tahun 2010 berubah nama menjadi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, hal ini disebabkan karena kemajuan perekonomian negara dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik sehingga perubahan nama jurusan pun dilakukan. Adapun jurusan Ilmu Komunikasi telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT No.010/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 sementara jurusan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis juga telah terakreditasi dengan No.036/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009. Sedangkan tenaga pengajar Fakultas SOSPOL UIM berkualifikasi S1, S2, S3 dan Guru Besar, baik sebagai Dosen Tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun Dosen Luar Biasa.
            Dalam perkembangannya Fakultas SOSPOL UIM mengalami pertumbuhan jumlah mahasiswa yang cukup pesat, olehnya itu proses belajar mengajar sudah diupayakan menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, beberapa dosen pada perkuliahan menggunakan LCD serta pemanfaatan media audio visual. Sebagai konsekuensi mahasiswa Fakultas SOSPOL UIM yang semakin banyak, maka layanan akademik dan administrasi secara bertahap sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan tujuan agar pelayanan terhadap mahasiswa dapat lebih efektif, cepat dan lancar.

Program Studi
1.    Ilmu Komunikasi
2.    Ilmu Administrasi Niaga

Fasilitas Akademik
1.    Laboratorium Komputer.
2.    Laboratorium Bahasa.
3.    Kelas dengan Fasilitas Multimedia.
4.    Perpustakaan

Struktur

Dekan                     :  Dr. Antardin Rahim, M.Si.
Pembantu Dekan I  :  Dr. H. Mochtar Luthfi M, SE., M.Si.
Pembantu Dekan II :  Nahdiana, S.Sos., M.Si.

2. Fak MIPA

Profil Fakultas
            Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA) UIM berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas MIPA UIM membina jurusan Farmasi, Kimia dan Biologi, namun dalam perkembangannya hanya 2 (dua) jurusan yang beroperasi dengan maksimal yaitu jurusan Farmasi dan Kimia. Adapun jurusan Farmasi telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT No.025/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008 sementara jurusan Kimia masih dalam proses akreditasi. Adapun tenaga pengajar Fakultas MIPA UIM berkualifikasi S1, S2, S3 dan Guru Besar, baik sebagai Dosen Tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun Dosen Luar Biasa.
            Dalam perkembangannya Fakultas MIPA UIM selalu menjadi salah satu Fakultas favorit di UIM, proses belajar mengajar menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi, beberapa dosen pada perkuliahan menggunakan LCD serta pemanfaatan media audio visual. Sebagai konsekuensi mahasiswa Fakultas MIPA UIM yang semakin banyak, maka layanan akademik dan administrasi secara bertahap sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan tujuan agar pelayanan terhadap mahasiswa dapat lebih efektif, cepat dan lancar.

Program Studi
1.    Farmasi
2.    Kimia.

Fasilitas Akademik
1.    Laboratorium Komputer.
2.    Laboratorium Bahasa.
3.    Laboratorium Kimia Analisis.
4.    Laboratorium Biofarmasi
5.    Laboratorium Farmasetik.
6.    Kelas dengan Fasilitas Multimedia.
7.    Perpustakaan

Struktur

Dekan                     :  Prof. Dr. H. Guntur Yusuf, MS.
Pembantu Dekan I  :  Nur Ida, S.Si., M.Si., Apt.
Pembantu Dekan II :  Yasnidar Yasir, S.Si., M.Si.

INFORMASI FAKULTAS

1. Farmasi

a. Informasi Umum
            Merupakan salah satu program studi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang bertujuan menghasilkan sarjana farmasi yang unggul, inovatif dan mengetahui dasar-dasar ilmu kefarmasian untuk menunjang pembangunan di bidang industri kefarmasian yang berwawasan lingkungan.
            Program studi Farmasi adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas MIPA Universitas Islam Makassar yang secara efektif operasionalnya pada 6 Juni 2000. Program studi Keperawatan telah mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi berdasarkan SK DIKTI No.7315/D/T/K-IX/2011 dan telah terakreditasi berdasarkan SK BAN-PT No.025/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008. Program studi Farmasi mempunyai jumlah mahasiswa aktif hingga TA.2011/2012 sekitar 224 mahasiswa dan telah menghasilkan alumni yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan terkemuka. Dosen dan tenaga pengajar telah berkualifikasi S1 = 8 Orang, S2 = 4 Orang dan S3 = 1 Orang dengan rasio perbandingan 1 : 8.

b. Visi dan Misi Program Studi

Visi :
            Menjadi Program Studi Farmasi berkualitas yang Islami dan unggul di Kawasan Timur Indonesia dengan mengembangkan peran dinamis umat Islam melalui farmasi yang berwawasan ilmu amaliah dan amal ilmiah.

Misi :
1.   Melaksanakan pendidikan dan pengembangan pengetahuan kefarmasian, pengayaan budaya, etika dan norma setinggi mungkin bagi mahasiswa melalui proses belajar mengajar yang dirancang secara baik dan cermat sehingga menjadi rahmatan lil alamin.
2.    Memperluas dan memperdalam penelitian secara terpadu dalam semua aspek keilmuan farmasi umumnya, dan khususnya penemuan obat baru yang lebih selektif serta pengembangan dan pemanfaatan bahan alam sebagai fitofarmaka.
3.  Secara terus menerus memelihara dan meningkatkan pelayanan farmasi yang berwawasan kesehatan serta mendorong kemandirian masyarakat.

c. Fasilitas
            Program studi Farmasi Universitas Islam Makassar telah melakukan kerjasama antar lembaga, instansi pemerintah, perusahaan dan institusi terkemuka guna meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan serta sarana prasarana penunjang dengan fasilitas akademik berupa :
1. Laboratorium Komputer.
2. Laboratorium Bahasa.
3. Laboratorium Biofarmasi
4. Kelas dengan fasilitas multimedia, dan
5. Perpustakaan.

d. Peluang Kerja

1.    Dosen atau Guru.
2.    Institusi Kesehatan.

3.    Lembaga Penelitian.
4.    Pegawai Negeri Sipil (PNS).
5.    TNI / Polri.
6.    Anggota Legislatif /Eksekutif.
7.    Dan lain-lain.

e. Struktur Manajemen

Ketua Program Studi    : M. Rusdi, S.Si., Apt., M.Si.
KTU / Staf                     : Hasmawati, S.Sos.

f. Tenaga Pengajar

Yasnidar Yasir, S.Si., M.Si.
Tahirah Hasan, S.Si., M.Si.
Dra. Sukati Kadis, MS.
St. Fauziah Noer, S.Si., Apt., M.Si.
Prof. Dr. H. Guntur Yusuf, MS.
Drs. Kus Haryono, MS., Apt.
Dra. Rosany Tayeb, Apt., M.Si.
Muh. Rusdi, S.Si., Apt., M.Si.
Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si., Apt.
Mirawati, S.Si., Apt., M.Si.
Dra. Ermina Pakki, M.Si., Apt.
Drs. H. Hasyim Bariun, M.Si., Apt.
Subehan, S.Si., M.Pharm.Sc., Ph.D., Apt.
Muh. Aswad, S.Si., M.Si., Apt.
Prof. Dr. H. Tajuddin Naid, M.Sc., Apt.
Drs. Raupong, MS.
Nur Ida, S.Si., M.Si., Apt.

G.   Alamat :
Jurusan Farmasi : Gedung A Lt.2 Kampus UIM Tamalanrea, Makassar 90241
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9
Telepon    : (0411) 588167
Fax           : (0411) 588167

2. Kimia
a. Informasi Umum
            Menghasilkan sarjana ilmu kimia berkualitas yang mampu melakukan penelitian, pengembangan dan penerapan kimia yang berorientasi pada teknologi berwawasan lingkungan.
            Program studi Kimia adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas MIPA Universitas Islam Makassar yang secara efektif operasionalnya pada 6 Juni 2000. Program studi Kimia telah mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi berdasarkan SK DIKTI No.6154/D/T/K-IX/2011dan sementara dalam proses akreditasi di BAN-PT. Program studi Kimia telah menghasilkan alumni yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan terkemuka. Dosen dan tenaga pengajar telah berkualifikasi Guru Besar = 1 Orang, S1 = 3 Orang, S2 = 3 Orang dan S3 = 1 Orang dengan rasio perbandingan 1 : 1.

b. Visi dan Misi Program Studi

Visi :
            Menjadi program studi kimia berkualitas yang islami dan unggul, dengan mengembangkan peran dinamis umat islam melalui ilmu kimia yang berwawasan ilmu amaliah dan amal ilmiah

Misi :
1.   Melaksanakan pendidikan dan pengembangan pengetahuan kimia, serta etika yang setinggi mungkin bagi mahasiswa, melalui  proses belajar  mengajar yang dirancang  dengan baik.
2.    Memperluas program pendidikan berlandaskan  keilmuan kimia sehingga  lulusannya memiliki kemampuan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
3.   Meningkatkan kegiatan penelitian dibidang kimia untuk menunjang kemajuan dan perkembangan secara terpadu.

c. Fasilitas
            Program studi Kimia Universitas Islam Makassar telah melakukan kerjasama antar lembaga, instansi pemerintah, perusahaan dan institusi terkemuka guna meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan serta sarana prasarana penunjang dengan fasilitas akademik berupa :
1. Laboratorium Komputer.
2. Laboratorium Kimia
3. Laboratorium Bahasa.
4. Kelas dengan fasilitas multimedia, dan
5. Perpustakaan.

d. Peluang Kerja

1.    Dosen atau Guru.
2.    Institusi Kesehatan.
3.    Lembaga Penelitian
4.    Pegawai Negeri Sipil (PNS).
5.    TNI / Polri.
6.    Anggota Legislatif /Eksekutif.
7.    Dan lain-lain.

e. Struktur Manajemen

Ketua Program Studi    : Tahirah Hasan, S.Si., M.Si.
KTU / Staf                     : A. Amirullah A. Syamsi, ST.

f. Tenaga Pengajar

Drs. Yusafir Hala, M.Si.
St. Fausiah, S.Si., M.Si.
Prof. Dr. H. Abd. Wahid Wahab, M.Sc.
Tahirah Hasan, S.Si., M.Si.
Drs. H. Abd. Karim, MS.
Drs. Damma Salama, MS.
M. Nurdin, S.Pd., M.Si.

g. Alamat :

Jurusan Kimia :
Gedung A Lt.2 Kampus UIM Tamalanrea, Makassar 90241
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9
Telepon    : (0411) 588167
Fax           : (0411) 588167

3. Keperawatan

a. Informasi Umum
            Menghasilkan sarjana Keperawatan dengan kompetensi : dapat mengidentifikasi, dan menyelesaikan suatu masalah di bidang kesehatan secara logis dan analitis, menguasai dasar-dasar ilmu keperawatan dengan baik sehingga mampu mengembangkan diri dalam bidang profesi yang ditekuninya, memiliki pengetahuan dasar yang memadai untuk lanjut ke program profesi Ners dan pascasarjana.
            Program studi Keperawatan adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Makassar yang secara efektif operasionalnya pada 16 Juni 2006. Program studi Keperawatan telah mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi berdasarkan SK DIKTI No.6045/D/T/K-IX/2011 dan telah terakreditasi berdasarkan SK BAN-PT No.040/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2011. Program studi Keperawatan mempunyai jumlah mahasiswa aktif hingga TA.2011/2012sekitar 298 mahasiswa dan telah menghasilkan alumni yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan terkemuka. Dosen dan tenaga pengajar telah berkualifikasi S1 = 8 Orang, S2 = 3 Orangdan S3 = 1 Orang dengan rasio perbandingan 1 : 9.

b. Visi dan Misi Program Studi

Visi :
            Program Studi Keperawatan FIK-UIM menjadi program studi keperawatan terdepan dan unggul dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yang Islami pada pelayanan keperawatan.

Misi :
1.    Menguasai keilmuan profesi untuk mampu berfikir, bersikap dan bertindak profesional.
2.    Menerapkan pengetahuan dan teknologi keperawatan untuk peningkatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
3.    Mengelolah upaya kesehatan secara profesional dengan memanfaatkan sumber untuk peningkatan kesehatan.
4.  Memahami, menemukan, menjelaskan dan merumuskan penyelesaian masalah kesehatan dan keperawatan melalui kegiatan perencanaan, imlementasi dan evaluasi program guna mencapai indonesia sehat.
5.   Menengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menunjang dan pelayanan keperawatan khususnya berkaitan dengan pola ilmiah pokok yang digunakan.

c. Fasilitas
            Program studi Keperawatan Universitas Islam Makassar telah melakukan kerjasama antar lembaga, instansi pemerintah, perusahaan dan institusi terkemuka guna meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan serta sarana prasarana penunjang dengan fasilitas akademik berupa :
1.Laboratorium Komputer.
2. Laboratorium Bahasa.
3. Kelas dengan fasilitas multimedia, dan
4. Perpustakaan.

d. Peluang Kerja

1.      Dosen atau Guru.
2.      Institusi Kesehatan.
3.      Pegawai Negeri Sipil (PNS).
4.      TNI / Polri.
5.      Anggota Legislatif /Eksekutif.
6.      Dan lain-lain.

e. Struktur Manajemen

Ketua Program Studi    : Ns. Baso Witman Adiaksa, S.Kep.
KTU / Staf                     : Jubaedah Tati, SS.

f. Tenaga Pengajar

Prof. Dr. dr. H. Muhammad Syafar, MS.
dr. Citra.
Ns. Makkasau, S.Kep., M.Kes.
dr. H. Syaifuddin Sirajuddin, MS.
dr. Rivai Pakki.
Muh. Thabran Thalib, SKM., MARS.
dr. H. Rum Rahim, MKM.
dr. H. Yusuf Armon, MARS
Ns. Hamzah Tasa, S.Kep.
dr. Muhammad Iman.
dr. Rahmiany Syam
dr. Muh. Khidri Alwi.
dr. Ali Sakti, M.Epid.
Wahiduddin, SKM., M.Kes.
Ns. Hamka, S.Kep.
Ns. Zaenal, S.Kep., M.Kes.
Darwis, S.Pd., M.Kes.
Ns. St. Aminah Ali, S.Kep.
Ns. Jukarnain, S.Kep., M.Kes.
Ns. Baso Witman Adiaksa, S.Kep.
Ns. Hasanuddin, S.Kep., M.Kes.
Ns. Damsir, S.Kep.
Ns. Subhan Kadir, S.Kep., M.Kes.
Ns. Fatmawati, S.Kep.
Ns. Rahmawati, S.Kep.
Ns. Suradi Efendi, S.Kep., M.Kes.
Ns. Samila, S.Kep.
Ns. Nurul Fuady Fitriyani, S.Kep.

g.. Alamat :

Jurusan Keperawatan : Gedung D Lt.2 Kampus UIM Tamalanrea, Makassar 90241
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9
Telepon    : (0411) 588167
Fax           : (0411) 588167

1 Response to "Universitas Islam Makassar ( UIM )"

  1. Assalamualaikum
    Saya mau tanya kalu jurusan farmasi transfer bisa di UIM

    ReplyDelete

Apa yg km tahu blm tentu aku tahu, dan sbaliknya apa yg aku tahu juga blm tentu km tahu (Syoechrie)

Senang jika anda berkunjung lagi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

SLAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA